Makan dan Minum Ini Bikin Mulut Ga Bau Saat Itu Juga
Sumber: thinkstock

Fit & Charming / 13 September 2013

Kalangan Sendiri

Makan dan Minum Ini Bikin Mulut Ga Bau Saat Itu Juga

Lois Official Writer
5844

Biasanya, makan ataupun minum dapat menyebabkan mulut bau. Namun ternyata ada juga makanan ataupun minuman yang tidak membuat mulut bau bahkan menetralisirkan bau mulut tersebut. Makanan apa sajakah itu? Ini dia ulasannya :

Minum Air Putih yang Cukup

Kekeringan di mulut akibat kekurangan cairan ludah (saliva) adalah salah satu penyebab bau mulut. Kurangnya asupan cairan membuat ketidakseimbangan floral di dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Untuk mencegahnya, minumlah air yang cukup. "Cairan tubuh perlu minimal dua literlah. Tapi jangan terus-terusan minum juga. Pencernaan bagus, ginjal bagus, napas segar," kata Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKgA (K), PhD, spesialis kedokteran gigi anak, saat dihubungi detikHealth dan ditulis pada Rabu (17/7/2013).

Teh

Teh khususnya teh hitam dan teh hijau ampuh membasmi bakteri penyebab bau mulut. Syaratnya, minuman tersebut harus dikonsumsi tanpa gula.

Yoghurt

Selama tidak ditambah pemanis, yoghurt bisa mengurangi populasi bakteri penyebab bau mulut. Konsumsi yoghurt secara rutin bisa mengurangi plak atau karang gigi dan resiko berbagai penyakit gigi dan mulut lainnya.

Kemangi

Daun ini khusus untuk menangkal bau bawang merah ataupun bawang putih yang telah kita makan yang membuat mulut bau tak sedap. Kandungan polifenolnya bisa menetralkan senyawa-senyawa penyebab bau mulut tersebut.

Bayam

Bahan makanan ini mengandung serat yang berfungsi seperti sikat saat dikunyah. Makanan ini ampuh untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan selain itu, juga mengandung polifenol yang bisa menjaga kesehatan rongga mulut.

Makan Buah

Makanlah buah yang utama mengandung vitamin C dan air. Misalnya saja makan jeruk, tomat, dan apel. "Apel untuk kandungan seratnya juga bisa bersihin plak gigi atau cairan yang nempel, ini biasa disebut self cleansing," jelas Prof Heriandi.

Sarapan

Dengan sarapan, makanan yang dikunyah dapat mengikis selaput penyebab bau mulut pada lidah. Sarapan seperti makan nasi, roti, atau bagel dapat memecah lapisan tersebut.

Setelah kita tahu bahwa makanan-makanan maupun minuman yang dapat menghancurkan bau mulut, maka kita tidak perlu kuatir lagi. Namun, tetap saja kita harus menggosok gigi secara teratur, membersihkan karang gigi, dan juga lidah dengan alat pembersih lidah agar tetap sehat mulut dan sekitarnya.

 

Baca juga :

Shanty, Keluar Dari Mulut Singa Masuk Mulut Buaya

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)  

Ayah, Mengapa Kau Memukulku ?

2 Penyebab Utama Orang Trauma Berpacaran

4 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Thread Forum JC : Pria Lebih Suka Wanita Yang Bagaimana Sih?  

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami